Minggu, 17 Mei 2009

Perbedaan arsitektur Pentium Pro, 2, 3, 4, D, M, Dual Core, Core 2 Duo

"Maaf pak, jika tugas yang telah saya posting agak sedikit melenceng dari tugas yang bapak berikan, karena yang kami bahas disini hanyalah tentang processor saja, dan ssebelumnya saya ucapkan terimakasih"

1.Pentium Pro

Pentium Pro 200 MHz dengan 256 KB dari L2 cache 
Disusun                                 November 1, 1995 
Common produsen (s)        Intel 
Max. CPU clock                   150 MHz ke 200 MHz 
FSB kecepatan                     60 MHz untuk 66 MHz 
Min. fitur ukuran                0.35μm ke 0.50μm 
Set instruksi                         x86 
Mikro                                    P6 
Core                                       1 
Socket (s)                              Socket 8 

     Pentium Pro yang merupakan generasi keenam x86 berbasis microprocessor dikembangkan dan diproduksi oleh Intel diperkenalkan pada bulan November 1995. It memperkenalkan mikroarsitektur P6 (kadang-kadang disebut i686) dan pada awalnya ditujukan untuk menggantikan asli Pentium dalam sejumlah aplikasi. Sementara Pentium dan Pentium MMX telah 3,1 dan 4,5 juta Transistor, masing-masing, maka Pentium Pro yang Transistor 5,5 juta. Belakangan, ia dikurangi menjadi peran yang lebih sempit sebagai server dan high-end desktop dan chip yang digunakan dalam supercomputers seperti ASCI Red. Pentium Pro yang telah mampu baik dual dan quad-prosesor konfigurasi. Hanya datang dalam bentuk satu faktor, yang relatif besar rectangular Socket 8. Pada tahun 1997, Pentium Pro telah berhasil dengan Pentium II processor.
1 mikro dan kinerja 
2 Sebuah inovasi dalam cache Tersedia 3 model 
4 Evolution dalam pembikinan 
5 Upgrade path 
6 Core spesifikasi 
6,1 Pentium Pro Pentium II 6,2 gir 
7 Pentium Pro / generasi kompetitor 6. 
8 Referensi 
9 Lihat pula 
10 Pranala luar 

Mikroarsitektur Dan Kinerja
     Belying namanya, maka Pentium Pro memiliki sepenuhnya baru mikroarsitektur, yang berangkat dari Pentium bukan merupakan perpanjangan dari itu. The Pentium Pro (P6) banyak fitur lanjutan konsep tidak ditemukan di dalam Pentium, walaupun ia bukan yang pertama atau hanya x86 prosesor yang melakukan (lihat NexGen Nx586 atau Cyrix 6x86). Pentium Pro pipa yang bekerja ekstra untuk menterjemahkan langkah decoding IA-32 instruksi secara dinamis ke dalam buffer Mikro operasi sequence yang kemudian akan dapat dianalisa, reordered, dan nama baru untuk mendeteksi parallelizable operasi yang dapat makan lebih dari satu unit eksekusi sekaligus. The Pentium Pro sehingga fitur dari aturan pelaksanaan, termasuk pelaksanaan spekulatif melalui mendaftar nama. Hal ini juga memiliki lebar 36-bit alamat bus (digunakan oleh PAE). 
     Kinerja dengan 32-bit kode yang sangat baik dan baik di depan Pentium tua pada saat itu, oleh 25-35%, namun pada Pentium Pro dari 16-bit kinerja hanya sekitar 20% lebih cepat daripada yang dari Pentium karena mendaftarkan nama lengkap telah dilakukan pada 32-bit register saja (ini tetap dalam Pentium-II). 
     Ia ini, bersama dengan Pentium Pro dari harga tinggi, yang menyebabkan bukannya tak bersemangat penerimaan antara PC enthusiasts, dominasi diberikan pada saat yang 16-bit MS-DOS, 16/32-bit Windows 3.1x, dan 32/16 -bit Windows 95 (bagian dari Windows 95, seperti USER.exe, kebanyakan masih 16-bit). Untuk mendapatkan keuntungan penuh dari mikroarsitektur Pentium Pro, yang diperlukan untuk menjalankan penuh 32-bit OS seperti Windows NT 3,51, Unix, Linux atau OS / 2. 
     Setelah microprocessor dirilis bug yang ditemukan di floating point unit, yang umum disebut "Pentium Pro dan Pentium II FPU bug" dan oleh Intel sebagai "bendera ralat". Bug terjadi pada beberapa keadaan selama floating-point ke integer konversi bila floating-point nomor tidak akan muat ke dalam format kecil integer menyebabkan FPU untuk menyimpang dari perilaku didokumentasikan. Bug dianggap ringan dan terjadi di bawah keadaan tertentu yang sangat sedikit, jika ada, program perangkat lunak yang terpengaruh. 
     Pentium Pro mikro yang digunakan dalam satu bentuk lain atau oleh Intel untuk lebih dari satu dekade. Pipa yang akan skala dari awal mulai 150 MHz, semua jalan sampai dengan 1,4 GHz "Tualatin" Pentium III. Desain dari berbagai traits setelah itu akan terus di turunan inti disebut "Banias" dalam Pentium M dan Intel Core (Yonah), yang dengan sendirinya akan berkembang menjadi arsitektur Core (Core 2 prosesor) pada tahun 2006 dan selanjutnya. [2
 

Pentium Pro 200 MHz dengan 256 KB dari L2 cache 



 

200 MHz Pentium Pro dengan 1 MB L2 cache di PPGA paket



Uncapped Pentium Pro 256 KB

Sebuah inovasi dalam cache 


Pentium II dengan gir heatsink dihapus. Flip-chip Deschutes inti adalah di sebelah kiri. 512 KB Cache adalah di sebelah kanan.

     Kemungkinan Pentium Pro paling nyata itu adalah pada paket-L2 cache, yang berkisar antara 256 KB pada pengantar 1 MB pada tahun 1997. Pada saat itu, teknologi manufaktur tidak mengijinkan pengiriman pesan feasibly besar L2 cache yang akan diintegrasikan ke dalam inti prosesor. Intel bukan meletakkan L2 mati (s) secara terpisah dalam paket yang masih diperbolehkan untuk berjalan pada jam yang sama kecepatan CPU sebagai inti. Selain itu, tidak seperti kebanyakan motherboard berbasis cache skema yang berbagi utama sistem bus dengan CPU, maka Pentium Pro cache memiliki belakang bis (bis disebut dual independen oleh Intel). Karena itu, CPU dapat membaca memori utama dan cache bersamaan, sangat mengurangi kemacetan tradisional. Cache juga "non-blok", yang berarti bahwa prosesor dapat mengeluarkan lebih dari satu cache permintaan pada suatu waktu (hingga 4), mengurangi cache-miss hukuman. (Ini adalah contoh dari MLP, Memori Tingkat parallelism.) Properti ini dikombinasikan untuk menghasilkan suatu cache L2 yang sangat cepat dibandingkan dengan motherboard berbasis cache prosesor lama. Cache ini CPU saja memberi keuntungan yang di input / output kinerja lebih tua x86 CPU. Dalam multiprocessor konfigurasi, Pentium Pro terpadu dari cache skyrocketed kinerja dibandingkan dengan arsitektur yang setiap CPU berbagi pusat cache. 
      Namun, sejauh ini lebih cepat L2 cache yang datang dengan beberapa komplikasi. Pentium Pro's the "pada paket-cache" susunan itu unik. Prosesor dan cache yang terpisah meninggal di dalam satu paket dan terhubung erat dengan penuh kecepatan bus. Dua atau tiga meninggal harus disimpan dlm gudang bersama pada awal proses produksi, pengujian sebelum itu mungkin. Ini berarti bahwa satu, retak kecil di salah satu mati dibuat perlu membuang seluruh perakitan, yang merupakan salah satu alasan untuk Pentium Pro dari hasil produksi relatif rendah dan biaya tinggi. Semua versi chip yang mahal, mereka yang memiliki 1024 KB menjadi jadi, karena diperlukan dua 512 KB cache meninggal serta prosesor mati. 
     Pentium Pro jam adalah kecepatan 150, 166, 180 atau 200 MHz dengan 60 atau 66 MHz eksternal bis jam. Beberapa pengguna memilih untuk overclock mereka Pentium Pro keripik, 200 MHz dengan versi yang sering berjalan di 233 MHz, 150 MHz dan versi yang sering berjalan di 166 MHz. Chip yang populer di multiprocessing simetris konfigurasi, dengan dual dan quad SMP konfigurasi server dan workstation yang biasa. Dalam Intel "Keluarga / Model / langkah" skema, maka Pentium Pro adalah keluarga 6, model 1, dan Intel Produk kode 80521. 

Evolusi dalam pembikinan 
     Seperti waktu progressed, proses yang digunakan untuk membuat prosesor Pentium Pro mati dan terpisah cache memori mati berubah, yang mengarah ke kombinasi dari proses yang digunakan dalam satu paket: 
Dengan 133 Mhz prosesor Pentium Pro mati, maka prototipe dari 150 mhz, adalah yg siap untuk dimakan dalam proses BiCMOS (hanya beberapa contoh yang sangat hidup). 
The Pentium Pro 150 MHz processor mati adalah yg siap untuk dimakan dalam 0,50 μm BiCMOS proses. The 166, 180, dan 200 MHz processor Pentium Pro mati adalah yg siap untuk dimakan dalam 0,35 μm BiCMOS proses. Dengan 256 KB L2 cache mati adalah yg siap untuk dimakan dalam 0,50 μm BiCMOS proses.Pada 1024 dan 512 KB L2 cache mati adalah yg siap untuk dimakan dalam 0,35 μm BiCMOS proses. 

Upgrade path 
     Pada tahun 1998, 300/333 MHz Pentium II gir prosesor untuk Socket 8 telah dirilis. 512 KB dengan kecepatan penuh dari cache, telah diproduksi oleh Intel sebagai drop-pilihan untuk di-upgrade pemilik Pentium Pro sistem (BIOS dari motherboard terkadang harus diperbarui). Namun, secara resmi didukung oleh Intel hanya dalam satu atau prosesor dual-mode, tidak 4-jalan atau yang lebih tinggi, yang tidak berhasil yang berguna untuk meningkatkan kemampuan tinggi akhir quad-prosesor sistem. 
Sebagai Slot 1 motherboard menjadi lazim, beberapa produsen dirilis slockets, seperti Tyan M2020, Asus C-P6S1, Tekram P6SL1 dan Abit KP6, untuk membolehkan Pentium Pro prosesor yang akan digunakan di dalam mereka. Intel 440FX chipset secara eksplisit mendukung kedua Pentium Pro dan Pentium II menggunakan prosesor sehingga slocket mereka dengan mudah. Namun, sejak Intel 440BX dan kemudian Slot 1 Chipset tidak secara eksplisit mendukung Pentium Pro, satu-satunya Socket 8 prosesor yang biasanya akan bekerja dengan slocket sedemikian Motherboard adalah gir Pentium II, karena pada dasarnya merupakan prosesor Pentium II . 

Core spesifikasi 
Pentium Pro 
L1 cache : 8 + 8 KB (Data + Instruksi) 
L2 cache : 256, 512 KB (satu mati) atau 1024 KB (512 KB dua meninggal) dalam modul multi-chip clocked pada kecepatan CPU 
Socket : Socket 8 
Depan bus : 60 dan 66 MHz 
Vcore : 3,1-3,3 V 
Fabrikasi : 0,50 μm atau 0,35 BiCMOS [5] 
Pertama rilis : November 1995 
Clockrate : 150, 166, 180, 200 MHz 

Pentium II gir 
L1 cache : 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2 cache : 512 KB eksternal chip pada CPU modul berjalan pada 100% dari kecepatan CPU 
Socket : Socket 8 
Pengali : Terkunci di 5x 
Depan bus : 60 dan 66 MHz 
Vcore : 3,1-3,3 V (on-board yang voltage regulator) 
Fabrikasi : 0,25 μm 
Berdasarkan Deschutes generasi Pentium II 
Rilis pertama : 1997 
Mendukung MMX teknologi

2. Pentium II



J Slot 1 Pentium II - depan melihat

Disusun Dari pertengahan 1997 hingga awal 1999
Common produsen (s) Intel
Max. CPU clock      233 MHz ke 450 MHz
FSB kecepatan       66-100
Min. fitur ukuran   0.35μm ke 0.25μm
Set instruksi           x86, MMX
Mikro                      P6
Core                        1
Socket (s)               Slot 1
                                MMC-1
                                MMC-2
                                Mini-Cartridge
Core name (s)       Klamath
                                Deschutes
                               Tonga

                                Dixon

     The Pentium II [1] merujuk ke merek Intel 's generasi keenam mikro ( "Intel P6") dan x86-kompatibel microprocessors diperkenalkan pada 7 Mei, 1997. Berisi 7,5 juta Transistor, pada Pentium II fitur yang ditingkatkan versi pertama P6 generasi inti dari Pentium Pro CPU, yang berisi 5,5 juta Transistor. Pada awal 1999, Pentium II telah superseded oleh Pentium III. 
     Pada tahun 1998, Intel Pentium II yang bertingkat oleh keluarga melepaskannya yang berbasis Pentium II Celeron baris prosesor untuk rendah akhir workstation dan Pentium II Xeon baris untuk server dan workstation high-end. Celeron yang telah ditandai dengan dikurangi atau dihilangkan (dalam beberapa kasus, tetapi sekarang dinonaktifkan) di-mati penuh kecepatan L2 cache dan 66 MT / s FSB. Xeon yang telah ditandai dengan berbagai full-speed L2 cache (dari 512 KB ke 2048 KB), 100 MT / s FSB, yang berbeda fisik antarmuka (Slot 2), dan dukungan untuk multiprocessing simetris

Intel Pentium II Logo

Ikhtisar 
    Pentium II microprocessor yang sebagian besar adalah berdasarkan mikroarsitektur para pendahulunya, maka Pentium Pro, namun dengan beberapa perbaikan yang signifikan. Tidak seperti sebelumnya Pentium dan prosesor Pentium Pro, Pentium II CPU yang merupakan paket dalam slot berbasis modul daripada CPU socket. Prosesor dan komponen terkait yang dilakukan di daughterboard mirip dengan perluasan papan khas dalam cartridge plastik. J tetap atau removable heatsink dilakukan di satu sisi, kadang-kadang menggunakan kipas sendiri. [2] 
     Paket ini lebih besar adalah kompromi yang memungkinkan Intel untuk memisahkan kedua cache dari prosesor ini dan tetap menjaga erat digabungkan di belakang bis. L2 cache yang berjalan pada setengah jam dari frekuensi prosesor, tidak seperti Pentium Pro, yang tidak mati L2 cache berlari pada frekuensi yang sama seperti prosesor. Namun, yang terkecil adalah ukuran cache meningkat menjadi 512 dari 256 KB KB pada Pentium Pro. Off-paket yang dipecahkan cache Pentium Pro dari hasil rendah, yang memungkinkan untuk memperkenalkan Intel Pentium II pada tingkat harga yang utama. [3] [4] pengaturan ini juga diizinkan untuk dengan mudah Intel bervariasi jumlah L2 cache, sehingga memungkinkan untuk menargetkan berbeda dengan segmen pasar yang lebih murah atau lebih mahal dan prosesor dengan kinerja tinggi. 
     Intel meningkat terutama 16-bit eksekusi kode kinerja pada Pentium II, sebuah kawasan yang telah Pentium Pro terkemuka di cacat. Sebagian besar konsumen perangkat lunak pada hari masih menggunakan setidaknya beberapa kode 16-bit, karena berbagai faktor. Pentium II yang pergi ke 32 KB dari L1 cache, yang dua kali lipat dari Pentium Pro, juga. Pentium II yang juga P6 pertama berbasis CPU untuk menerapkan Intel MMX integer SIMD set instruksi yang telah diperkenalkan pada Pentium MMX. [3] 
     Pentium II pada dasarnya adalah konsumen yang lebih berorientasi versi dari Pentium Pro. Ia murah karena produksi yang terpisah, lambat L2 cache memori. The 16-bit meningkatkan kinerja dan mendukung MMX menjadi pilihan yang lebih baik bagi konsumen-tingkat sistem operasi, seperti Windows 9x, dan aplikasi multimedia. Dikombinasikan dengan lebih besar L1 cache dan meningkatkan performa 16-bit, yang lambat dan murah L2 cache kinerja dampak dikurangi. Umum kinerja prosesor telah meningkat sedangkan biaya yang dipotong. [3] [5]

Varian
a)Klamath 
    Asli Pentium II Klamath microprocessor (Intel kode produk 80522) berlari di 233 dan 266 MHz dan telah dihasilkan dalam 0,35 μm proses. [6] [3] J 300 MHz versi yang dirilis pada tahun 1997 nanti. [6] CPU ini memiliki 66 MHz depan bis dan awalnya digunakan pada motherboard yang dilengkapi dengan aging Intel 440FX Natoma chipset yang dirancang untuk Pentium Pro.
Dalam Intel "Keluarga / Model / langkah" skema, Klamath CPU adalah keluarga 6, model 3.

b)Deschutes 
     The Deschutes inti Pentium II (80.523), yang debuted pada 333 MHz pada Januari 1998, dibuat dengan 0,25 μm proses. [6] The 333 MHz merupakan versi terakhir yang menggunakan CPU Pentium yang lama 66 MHz depan bus; semua Deschutes-inti model menggunakan 100 MHz FSB. Nanti di 1998, Pentium IIS berjalan pada 266, 300, 350, 400, dan 450 MHz juga dilepaskan. [6]. Deschutes inti yang didukung FXSAVE dan petunjuk FXRSTOR, karena bertentangan dengan Klamath. Yang telah mati ukuran 113 mm 2. 
     Pentium II-menggunakan sistem berbasis Intel 440LX Balboa chipset yang pertama untuk memanfaatkan generasi baru standar RAM, SDRAM (yang diganti EDO RAM), dan AGP bus grafis. [8] Concurrent dengan rilis Deschutes core yang mendukung 100 MHz depan bus itu Intel rilis yang 440BX chipset Seattle dan terkait cousins, yang 440MX, 440NX, dan 440ZX chipset. Pendahuluan dari 100 MHz depan bus kecepatan menghasilkan peningkatan kinerja yang solid untuk Pentium II lineup.
     The Pentium II Xeon adalah high-end versi Deschutes inti dirancang untuk digunakan pada workstation dan server. Prinsipnya, ia menggunakan berbagai jenis slot (Slot 2), kasus, papan desain, dan lebih mahal penuh kecepatan L2 cache kustom yang mati-mati. Versi yang diproduksi dengan 512 KB, 1 MB atau 2 MB L2 cache oleh memvariasikan jumlah 512 KB keripik dimasukkan pada papan.  Dalam Intel "Keluarga / Model / langkah" skema, Deschutes CPU adalah keluarga 6, model 5 dan ada bagian nomor 80523.

Xeon Pentium II 450MHz dengan 512 KB cache. Cartridge penutup telah dihapus

c)Pentium II gir 
     Pada tahun 1998, 0,25 μm Deschutes inti yang digunakan dalam penciptaan dari Pentium II gir prosesor, yang bertujuan untuk memungkinkan perusahaan Pentium Pro pengguna untuk meng-upgrade mereka aging server. Menggabungkan yang Deschutes inti dalam flip-chip paket dengan 512 KB penuh kecepatan L2 cache chip dari Pentium II Xeon menjadi Socket 8-modul kompatibel menghasilkan 300 atau 333 MHz processor yang dapat berjalan pada 60 atau 66 MHz depan side bus. Kombinasi ini membawa bersama beberapa aspek yang lebih menarik dari Pentium II dan Pentium II Xeon: MMX support / 16-bit meningkatkan kinerja dan kecepatan penuh L2 cache, masing-masing. [10] yang kemudian "Dixon" mobile Pentium II akan berusaha ini bersama dengan 256 KB dari kecepatan penuh cache. 
    Dalam Intel "Keluarga / Model / langkah" skema, pada Pentium II CPU gir mengidentifikasikan diri sebagai keluarga 6, model 3, meskipun ini adalah menyesatkan, karena tidak didasarkan pada keluarga inti 6/model 3 Klamath. Seperti tercantum dalam Pentium II Processor memperbarui dokumentasi dari Intel, "Perlu diingat bahwa walaupun prosesor ini memiliki CPUID dari 163xh, menggunakan prosesor Pentium II CPUID 065xh inti prosesor." 

Pentium II gir tanpa heatsink. Deschutes inti di kiri, kanan pada cache

Tonga 
    0,25 μm yang tonga inti adalah ponsel pertama Pentium II dan memiliki semua fitur pada desktop model. Dalam Intel "Keluarga / Model / langkah" skema, Tonga CPU adalah keluarga 6, model 5. 

Dixon 
     Kemudian, pada tahun 1999, yang 0,25 μm Dixon inti dengan 256 KB dari pada kecepatan penuh mati-cache dibuat untuk pasar mobile. Review menunjukkan bahwa inti Dixon tercepat adalah jenis Pentium II dihasilkan. Dalam Intel "Keluarga / Model / langkah" skema, Dixon CPU adalah keluarga 6, model 6 dan kode produk Intel 80524. Ini adalah identitas / tanda bersama dengan Mendocino Celeron prosesor.

Core spesifikasi 

a)Desktop

Klamath (80522) 
L1 cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2 cache: 512 KB, eksternal sebagai chip pada CPU modul clocked setengah di frekuensi CPU. 
Kemasan: 1 Slot modul 
MMX 
Depan bus: 66 MHz, GTL + 
VCore: 2.8 V 
Proses: 0,35 μm CMOS 
Rilis pertama: Mei 7, 1997 
Clockrate: 233, 266, 300 MHz

A Pentium II Klamath belakang dengan plastik casing dihapus, menunjukkan komoditi L2 cache chips dan cache controller (pusat).

Deschutes (80523) 
L1 cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2 cache: 512 KB, eksternal sebagai chip pada CPU modul clocked setengah di frekuensi CPU. 
Kemasan: 1 Slot modul 
MMX 
Depan bus: 66, 100 MHz, GTL + 
VCore: 2.0 V 
Proses: 0,25 μm CMOS 
Rilis pertama: Januari 26, 1998 
Clockrate: 266 - 450 MHz 
66 MHz FSB: 266, 300, 333 MHz 
100 MHz FSB: 350, 400, 450 MHz

J Deschutes Pentium II. Core CPU di tengah, cache di kanan

b)Mobile 
Tonga (80523) / Mobile Pentium II 
L1 cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2 cache: 512 KB, eksternal sebagai chip pada CPU modul clocked setengah di frekuensi CPU. 
Paket: MMC-1, MMC-2, Mini-Cartridge 
MMX 
Depan bus: 66 MHz, GTL + 
VCore: 1,6 V 
Proses: 0,25 μm CMOS 
Pertama rilis: 7 Juni, 1997 
Clockrate: 233, 266, 300 MHz

Mobile Pentium II (Indonesia).

Dixon (80.524)
Mobile Pentium II PE ( "Peningkatan Kinerja")
L1 cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi)
L2 cache: 256 KB, on-mati, kecepatan penuh.
Paket: BGA1, MMC-1, MMC-2, μPGA1
MMX
Depan bus: 66, 100 MHz, GTL +
VCore: 1.5, 1,55, 1,6 V, 2,0 V
Proses: 0,25 μm CMOS
Rilis pertama: Januari 25, 1999
Clockrate: 266 - 400 MHz


Mobile Intel Pentium II (Dixon) 400 MHz

3.Pentium III

Disusun Dari awal 1999-2003 
Common produsen (s)           Intel 
Max. CPU clock                      450 MHz ke 1,4 GHz 
FSB kecepatan `                     100 MHz ke 133 MHz 
Min. fitur ukuran                   0.25μm ke 0.13μm 
Set instruksi                            IA-32 
Mikro                                       P6 
Core                                         1 
Socket (s)                               Slot 1 
                                                Socket 370 
Core name (s)                        Katmai 
                                                Coppermine 
                                                Coppermine-T 
                                                Tualatin 

    The Pentium III [1] merujuk ke merek Intel 's 32-bit x86 desktop dan mobile microprocessors berdasarkan generasi keenam Intel P6 mikroarsitektur diperkenalkan pada 26 Februari, 1999. The brand dari awal prosesor sangat mirip dengan sebelumnya Pentium II-merek microprocessors. Perbedaan yang paling penting adalah tambahan dari SSE set instruksi (untuk mempercepat floating point dan perhitungan paralel), dan pengenalan yang kontroversial nomor seri yang terdapat dalam chip selama proses manufaktur.
    Demikian pula dengan Pentium II superseded itu, maka Pentium III juga disertai dengan Celeron lebih rendah untuk merek-akhir CPU versi, dan Xeon untuk high-end (server dan workstation) derivatif. Pentium III yang akhirnya telah superseded oleh Pentium 4, namun Tualatin inti juga menjabat sebagai dasar untuk Pentium M CPU, yang banyak digunakan ide dari Intel P6 mikro. Kemudian, itu adalah PM mikroarsitektur dari Pentium M merek CPU, dan bukan NetBurst ditemukan di Pentium 4 prosesor, yang membentuk dasar untuk Intel 's-energi efisien Intel Core mikroarsitektur dari CPU merek Core 2, Pentium Dual-Core, Celeron ( core), dan Xeon. Pentium III yang pertama adalah prosesor Intel untuk istirahat 1 GFLOPS, dengan teori kinerja 2 GFLOPS.

Katmai 

J Pentium III Katmai SECC2 cartridge dengan Heatsink Dihapus 

    Pertama Pentium III merupakan varian Katmai (kode produk Intel 80525). Hal ini merupakan perkembangan lebih lanjut Deschutes Pentium II. Satu-satunya perbedaan adalah penambahan unit dan pelaksanaan perubahan instruksi membaca sandi dan masalah logika untuk mendukung SSE; serta meningkatkan L1 cache controller - L2 cache controller yang telah kiri berubah, karena akan sepenuhnya untuk mendesain ulang Coppermine anyway - yang bertanggung jawab untuk kecil melalui peningkatan kinerja "Deschutes" Pentium IIS. Ini pertama kali diluncurkan dengan kecepatan 450 dan 500 MHz. Dua versi yang dilepaskan: 550 MHz pada 17 Mei, 1999 dan 600 MHz pada 2 Agustus, 1999. Pada September 27, 1999 yang dirilis Intel 533B dan 600B berjalan di 533 & 600 MHz masing-masing. The 'B' suffix menunjukkan bahwa fitur yang FSB 133 MHz, sebagai pengganti 100 MHz FSB dari model-model sebelumnya.

     Katmai yang berisi 9,5 juta Transistor dan memiliki dimensi 12,3 mm oleh 10,4 mm (128 mm 2). Hal ini yg siap untuk dimakan dalam Intel P856.5 proses, sebuah proses 0,25 mikron CMOS dengan lima tingkat aluminium interkoneksi. [2] yang digunakan Katmai slot yang sama sebagai desain berbasis Pentium II, tetapi yang lebih baru SECC2 cartridge yang diizinkan kontak langsung dengan inti CPU panas tenggelam. Ada beberapa model awal dari Pentium III dengan 450 MHz dan 500 paket yang lama di SECC cartridge untuk OEMs. 
     J terkemuka langkah untuk para SL35D itu. Versi Katmai Nilai secara resmi untuk 450 MHz, tapi yang sering cache chips untuk 600 MHz dan dengan demikian model ini biasanya mampu berjalan pada 600 MHz.

Coppermine

J 900 MHz Pentium III Coppermine. 

    Versi kedua, Coppermine, atau 80.526, telah terpadu penuh kecepatan 256 KB L2 cache dengan latency rendah dan 256-bit bus, bernama Advanced Transfer Cache oleh Intel, perbaikan kinerja yang signifikan atas Katmai. Kompetitif di bawah tekanan dari AMD 's Athlon prosesor, Intel juga bekerja kembali chip internal, dan pada akhirnya tetap dikenal instruksi pipa warung. Hasilnya adalah 30% luar biasa dalam meningkatkan kinerja beberapa aplikasi di mana warung ini terjadi. 
    Dibangun pada 0,18 μm proses. Pentium III Coppermines berjalan di 500, 533, 550, 600, 650, 667, 700, dan 733 MHz yang pertama dirilis pada 25 Oktober, 1999. Dari Desember 1999 sampai Mei 2000, Intel merilis Pentium IIIs berjalan dengan kecepatan 750, 800, 850, 866, 900, 933 dan 1000 MHz (1 GHz). Kedua FSB 100 MHz dan 133 MHz FSB model dibuat. An "E" sudah ditambahkan ke model nama untuk menunjukkan core menggunakan baru 0,18 μm proses pembuatan. Tambahan "B" kemudian ditambahkan untuk menetapkan model FSB 133 MHz, sehingga dalam "EB" suffix. Dari segi keseluruhan performa, yang diselenggarakan Coppermine sedikit keuntungan melalui Athlons itu dilepaskan terhadap yang dikembalikan bila diterapkan AMD segan mati sendiri dan menambahkan pada mati-L2 cache ke Athlon. Athlon memegang keuntungan dalam floating-point kode intensif, sementara Coppermine dapat melakukan lebih baik bila SSE optimasi digunakan, tetapi dalam hal praktis ada sedikit perbedaan dalam cara kedua keripik dilakukan, untuk-jam-jam. Namun, AMD mampu Athlon jam yang lebih tinggi, akhirnya mencapai kecepatan 1.4GHZ. 
    J 1,13 GHz versi dirilis pada pertengahan 2000, tetapi baik sekali recalled setelah kolaborasi antara HardOCP dan Tom's Hardware menemukan berbagai instabilities dengan operasi yang baru kecepatan CPU kelas. Coppermine inti yang tidak dapat terpercaya mencapai 1,13 GHz kecepatan tanpa tweaks ke berbagai prosesor dari microcode, pendinginan agresif, tambahan tegangan (1,75 V vs 1,65 V), dan secara khusus divalidasi platform. [3] Intel secara resmi hanya mendukung prosesor pada sendiri VC820 i820 berbasis motherboard, tetapi bahkan motherboard ini ditampilkan ketidakstabilan dalam tes independen dari hardware review sites. Dalam standar yang stabil, kinerja yang akan ditampilkan adalah sub-par, dengan 1,13 GHz CPU equalling sebuah model 1,0 GHz. Tom's Hardware ini dikaitkan kinerja defisit untuk santai tuning dari CPU dan Motherboard untuk meningkatkan stabilitas. [4] Intel diperlukan setidaknya enam bulan untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan langkah cD0 baru dan kembali merilis 1,1 GHz dan 1,13 GHz versi pada tahun 2001. 
     Microsoft 's Xbox game konsol menggunakan sebuah varian dari Pentium III / Celeron Mobile keluarga di Micro-PGA2 formulir faktor. The sSpec designator yang kaya adalah SL5Sx, yang membuatnya hampir sama dengan Mobile Celeron Coppermine-128 prosesor. Berbagi dengan Coppermine-128 dan Celeron 133 MT / s depan bus, 128 KB L2 cache, 180 nm dan proses pembuatan. 
     Meskipun codename Coppermine membuat suara seperti chip yg siap untuk dimakan adalah dengan tembaga interconnects, Coppermine sebenarnya digunakan aluminium interconnects. 
Pada akhir model Coppermine CPU, Intel menerapkan terpadu penyebar panas untuk meningkatkan kontak antara mati dan heatsink. Yang terpadu penyebar panas itu sendiri tidak meningkatkan daya konduksi panas, karena ditambahkan lain lapisan logam dan thermal paste antara mati dan heatsink, tetapi sangat membantu memegang heatsink flat terhadap mati. Sebelumnya Coppermine CPU tanpa terpadu panas penyebar dibuat heatsink mounting menantang. [6] Jika heatsink tidak datar terhadap mati, heat transfer efisiensi telah kudung. Beberapa keputusan heatsink juga mulai menggunakan pads mereka coolers, mirip dengan apa yang AMD dengan "Thunderbird" Athlon. Dengan antusias masyarakat pergi sejauh untuk membuat shims untuk membantu menjaga flat antarmuka. [7]

Tualatin

J 1,13 GHz Intel Pentium III-T (Tualatin-256). 

    Revisi yang ketiga, Tualatin (80.530), adalah sebuah percobaan untuk Intel baru 0,13 μm proses. Pentium III Tualatins yang dilepaskan selama 2001 hingga awal tahun 2002 dengan kecepatan 1.0, 1,13, 1,2, 1,26, 1,33 dan 1,4 GHz. Tualatin dilakukan cukup baik, terutama dalam variasi yang memiliki 512 KB L2 cache (disebut Pentium III-S). The Pentium III-S varian terutama ditujukan untuk server, terutama yang di mana konsumsi daya mattered, yakni tipis blade server. 

    Tualatin yang juga membentuk dasar untuk sangat populer Pentium III-M mobile processor, yang menjadi Intel berdamping mobile chip (Pentium 4 drew yang jauh lebih berkuasa, dan jadi tidak cocok untuk peran ini) untuk dua tahun. Chip yang bagus keseimbangan antara kinerja dan konsumsi daya, sehingga mendapatkan tempat di kedua kinerja notebook dan "tipis dan ringan" kategori. 

    Tualatin berbasis Pentium III CPU biasanya dapat dibedakan menjadi visual dari Coppermine oleh prosesor berbasis logam terpadu panas-penyebar (IHS) tetap di atas paket. Namun, sangat terakhir model Coppermine Pentium IIIs juga fitur yang IHS - heatspreader yang sebenarnya apa yang membedakan FC PGA2-paket dari FC-PGA - keduanya untuk Socket 370 motherboard. [8] 

    Sebelum penambahan dari heatspreader, ia kadang-kadang sulit untuk memasang heatsink pada Pentium III. Satu harus hati-hati untuk tidak menaruh pada kekuatan inti di sudut karena hal tersebut akan menyebabkan ujung-ujungnya dan sudut inti untuk retak dan dapat merusak CPU. Ia juga kadang-kadang sulit untuk mencapai flat perkawinan dari permukaan CPU dan heatsink, satu faktor penting pentingnya untuk mentransfer panas yang baik. Ini menjadi semakin menantang dengan socket 370 CPU, dibandingkan dengan 1 Slot pendahulu, karena kekuatan yang diperlukan untuk me-mount socket berbasis dingin dan sempit, 2-sided mekanisme mounting (Slot 1 fitur 4-titik mounting). Karena itu, dan karena 0,13 μm Tualatin memiliki inti bahkan lebih kecil dibandingkan dengan daerah permukaan 0,18 μm Coppermine, Intel memasang heatspreader pada Tualatin logam dan semua prosesor desktop. 

    Tualatin inti yang dinamai setelah Tualatin Valley dan Tualatin sungai di Oregon, di mana Intel telah besar manufaktur dan desain fasilitas. 

Pentium III dari SSE pelaksanaan 

Slot 1 Pentium III CPU terpasang pada motherboard 

    Sejak dibangun Katmai sama 0,25 μm sebagai proses Pentium II "Deschutes", ia harus melaksanakan SSE menggunakan silicon sebagai sedikit mungkin. Untuk mencapai tujuan ini, Intel menerapkan 128-bit arsitektur oleh double-bersepeda yang ada 64-bit data dan jalur yang menggabungkan SIMD-FP kelipatan unit dengan x87 scalar FPU pengganda dalam satu unit. Memanfaatkan yang ada 64-bit data path, Katmai masalah setiap FP SIMD-instruksi sebagai dua μops. Untuk mengimbangi sebagian untuk menerapkan hanya separuh dari SSE dari arsitektur lebar, Katmai yang menerapkan SIMD-FP Adder sebagai unit terpisah pada kedua dispatch pelabuhan. Hal ini memungkinkan organisasi setengah dari SIMD multiply dan satu setengah dari yang independen SIMD menambahkan akan dikeluarkan bersama-sama untuk membawa kembali ke puncak throughput empat floating point operasi per siklus - setidaknya untuk kode bahkan dengan distribusi mengalikan dan menambahkan. [9] 

    Masalah yang telah Katmai hardware-pelaksanaan contradicted parallelism model yang diterapkan oleh instruksi SSE-set. Pemrogram dihadapi kode-penjadwalan dilema: Apakah SSE-kode disetel untuk pelaksanaan Katmai terbatasnya sumber daya, atau ia harus disetel untuk prosesor masa depan dengan lebih banyak sumber daya? Katmai khusus SSE optimasi menghasilkan kinerja yang terbaik dari keluarga Pentium III tetapi suboptimal untuk prosesor Intel, seperti Pentium 4 dan Core.

Core spesifikasi
a)Katmai (0,25 μm) 
L1-Cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2-Cache: 512 KB, external chips pada CPU modul di 50% dari kecepatan CPU 
MMX, SSE 
1 slot (SECC, SECC2) 
Depan bis: 100, 133 MHz 
VCore: 2.0 V, (600 MHz: 2,05 V) 
Pertama rilis: 17 Mei, 1999 
Clockrate: 450-600 MHz 
100 MHz FSB: 450, 500, 550, 600 MHz 
133 MHz FSB: 533, 600 MHz (B-model) 

b)Coppermine (0,18 μm) 
L1-Cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2-Cache: 256 KB, fullspeed 
MMX, SSE 
1 slot (SECC2), Socket 370 (FC-PGA) 
Depan bis: 100, 133 MHz 
VCore: 1.6V, 1.65V, 1.70V, 1.76V (cD0, lihat di bawah) 
Pertama rilis: 25 Oktober, 1999 
Clockrate: 500 - 1133 MHz 
100 MHz FSB: 500, 550, 600, 650, 700, 750, 800, 850, 900, 1000, 1100 MHz (E-Models) 
133 MHz FSB: 533, 600, 667, 733, 800, 866, 933, 1000, 1133 MHz (EB-Models) 

c)Coppermine-T (0,18 μm) 
L1-Cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2-Cache: 256 KB, fullspeed 
MMX, SSE 
Socket 370 (FC-PGA, FC-PGA2) 
Depan bus: 100 dan 133 MHz 
VCore: 1,75 V 
Rilis pertama: Juni 2001 
Clockrate: 600 - 1133 MHz 
133 MHz FSB: 800, 866, 933, 1000, 1133 MHz 

d)Tualatin (0,13 μm) 
L1-Cache: 16 + 16 KB (Data + Instruksi) 
L2-Cache: 256 atau 512 KB, fullspeed 
MMX, SSE, Hardware prefetch 
Socket 370 (FC-PGA2) 
Depan bus: 133 MHz 
VCore: 1,45, 1,475 V 
Rilis pertama: 2001 
Clockrate: 1000 - 1400 MHz 
Pentium III (256-KB L2 cache): 1000, 1133, 1200, 1333, 1400 MHz 
Pentium III-S (512 KB L2-cache): 1133, 1266, 1400 MHz 

Kontroversi tentang masalah privasi 
    Pentium III adalah yang pertama untuk menyertakan CPU x86 yang unik, dpt diperbaiki, nomor identifikasi, disebut PSN (Processor Serial Number). J Pentium III dari PSN dapat dibaca oleh perangkat lunak melalui CPUID instruksi jika fitur ini belum dinonaktifkan di BIOS. 
On November 29, 1999, dengan Sains dan Teknologi Pilihan Assesment (STOA) Panel dari Parlemen Eropa, berikut mereka laporan elektronik surveilans teknik ditanya anggota komite parlemen untuk mempertimbangkan langkah-langkah hukum yang akan "mencegah ini keripik tidak terpasang di komputer Eropa warga negara. "[10] 
Intel akhirnya memutuskan untuk menghapus PSN fitur pada Tualatin berbasis Pentium IIIs, dan fitur tersebut tidak dibawa hingga ke Pentium 4 atau Pentium M.

4.Pentium IV

Disusun Dari 2000 ke 2008 
Common produsen (s)     Intel 
Max. CPU clock                1,3 GHz ke 3,8 GHz 
FSB kecepatan `               400 MT / s ke 1066 MT / s 
Min. fitur ukuran              0.18μm ke 65nm 
Set instruksi                      x86 (i386), x86-64, MMX, SSE, SSE2, SSE3 
Mikro                                 NetBurst 
Socket (s)                          Socket 423 
                                           Socket 478 
                                           LGA 775 
Core name (s)                  Willamette 
                                          Northwood 
                                          Prescott 
                                           Cedar Mill

    Pentium 4 merek yang merujuk ke Intel 's baris satu inti utama desktop dan laptop pusat pengolahan unit (CPU) diperkenalkan pada 20 November 2000 [1] (8 Agustus, 2008 adalah tanggal terakhir pengiriman dari Pentium 4 s [2 ]). Mereka memiliki 7. Mikroarsitektur generasi, yang disebut NetBurst, yang merupakan perusahaan pertama semua-desain baru sejak 1995, ketika Intel P6 mikroarsitektur dari Pentium Pro CPU telah diperkenalkan. NetBurst berbeza dari sebelumnya Intel P6 - dari Pentium III, II, dll - oleh yang sangat mendalam dengan instruksi pipa sangat tinggi untuk mencapai kecepatan clock [3] (hingga 4 GHz) hanya dibatasi maksimum konsumsi daya (TDP) mencapai atas ke 115 W di 3,6-3,8 GHz Prescotts dan Prescotts 2M [4] (TDP tinggi memerlukan pendinginan tambahan yang dapat bising atau mahal). Pada tahun 2004, awal 32-bit x86 set instruksi dari Pentium 4 microprocessors dilanjutkan dengan 64-bit x86-64 set. 

    Asli Pentium 4, CODEC "Willamette", berlari di 1.4 dan 1,5 GHz dan telah dirilis pada bulan November 2000 pada platform Socket 423. Terkemuka dengan berlakunya Pentium 4 adalah 400 MT / s FSB. Ia benar-benar berdasarkan jam gelombang 100 MHz, tapi bis itu quad-dipompa, yang berarti bahwa maksimal transfer rate yang telah empat kali dari bis biasa, sehingga dianggap berjalan di 400 MT / s. AMD Athlon yang telah berjalan pada 266 MT / s (menggunakan dua bis dipompa) pada saat itu. 

    Pentium 4 CPU memperkenalkan SSE2 dan SSE3 set instruksi untuk mempercepat perhitungan, transaksi, media pengolahan, grafis 3D, dan permainan. Mereka juga terintegrasi Hyper-threading (HT), sebuah fitur untuk membuat satu CPU fisik bekerja sebagai dua logis dan virtual CPU. Intel Pentium 4 dari kapal juga datang yang rendah akhir-versi merek Celeron (sering disebut sebagai Celeron 4), dan high-end turunan, Xeon, dirancang untuk multiprocessor server dan workstation. Pada tahun 2005, Pentium 4 yang telah dilengkapi dengan Pentium D dan Pentium Extreme Edition dual-core CPU.

Arsitektur 
    Patokan dalam evaluasi, keuntungan dari NetBurst arsitektur tidak jelas. Dioptimalkan dengan hati-hati kode aplikasi, yang pertama itu lebih baik dr P4 Intel Pentium III tercepat, seperti yang diharapkan. Namun dalam aplikasi warisan dengan banyak percabangan atau x87 floating-point petunjuk, maka akan P4 hanya cocok atau bahkan jatuh di belakang dengan pendahulunya. Its cacat utama adalah bersama uni-directional bus. Selain itu, arsitektur NetBurst yg merisau lebih panas dibanding sebelumnya prosesor Intel atau AMD. 

    Akibatnya, Pentium 4 dari pengenalan telah bertemu dengan dicampur ulasan: Developer disliked the Pentium 4, karena posed baru kumpulan kode optimasi aturan. Misalnya, dalam matematika aplikasi AMD 's-jauh lebih rendah clocked Athlon mudah melebihi performa yang Pentium 4, yang hanya mengejar ketinggalan jika perangkat lunak yang kembali dikompilasi dengan SSE2 dukungan. Tom Yager dari Infoworld majalah itu disebut "kecepatan CPU - untuk program yang sesuai sepenuhnya dalam cache". Computer-savvy pembeli PC Pentium 4 dihindari karena harga premium dan manfaat questionable. Dalam hal pemasaran produk, maka Pentium 4 tunggal dari penekanan pada frekuensi clock (di atas semua orang lain) menjadi seorang staf pemasaran mimpi. Hasil ini adalah bahwa arsitektur NetBurst yang sering disebut sebagai marchitecture komputasi oleh berbagai situs dan publikasi selama kehidupan Pentium 4. 

    Klasik dua metrik kinerja dari CPU adalah IPC (instruksi per siklus) dan jam-frekuensi. Sedangkan IPC adalah sulit untuk mengukur (akibat ketergantungan pada benchmark aplikasi instruksi campuran), jam-frekuensi yang sederhana pengukuran mutlak penurut satu nomor. Wajar saja pembeli akan mengasosiasikan jam-nilai tertinggi dengan produk terbaik, dan Pentium 4 adalah tak perlu megahertz juara. Sebagai AMD tidak dapat bersaing oleh aturan ini, ia countered Intel pemasaran keuntungan dengan 'mitos megahertz kampanye'. AMD pemasaran produk yang digunakan "PR rating-sistem, yang patut diberi nilai berdasarkan kinerja relatif-dasar untuk sebuah komputer. 
Lihat juga: Megahertz myth

J Pentium 4, 2,4 GHz 
     Pada peluncuran yang P4, Intel dinyatakan NetBurst diharapkan untuk skala sampai 10 GHz (lebih dari beberapa proses pembuatan generasi). Namun, pada akhirnya arsitektur NetBurst hit frekuensi plafon jauh di bawah ekspektasi-yang tercepat eceran Pentium 4 tidak melebihi 4 GHz. Intel tidak diantisipasi dengan cepat ke atas skala dari transistor daya kebocoran yang mulai terjadi sebagai chip mencapai 90 nm node proses dan kecil. Ini kuasa kebocoran fenomena baru, bersama dengan standar output panas, dan pendinginan dibuat jam sebagai skala masalah kecepatan clock meningkat. Reacting ini tak terduga kendala, Intel mencoba beberapa inti redesigns ( "Prescott" terutama) dan dieksplorasi baru teknologi manufaktur. Tidak ada masalah walaupun mereka dipecahkan dan 2005-06 Intel bergeser dari pembangunan NetBurst untuk fokus pada cooler-berjalan Pentium M arsitektur. Pada Maret 2006, Intel mengumumkan mikroarsitektur Intel Core, yang menempatkan penekanan lebih besar pada efisiensi energi dan performa per jam. Akhir NetBurst berasal-produk yang diluncurkan pada tahun 2006, dengan semua produk eksklusif keluarga beralih ke mikroarsitektur Intel Core.

Prosesor core 
    Pentium 4 yang memiliki IHS (Integrated Heat penyebar) yang mencegah dari yang mati secara tidak sengaja semakin rusak ketika mounting unmounting dan solusi pendinginan. Sebelum ke IHS, sebuah CPU shim pun terkadang digunakan oleh orang-orang khawatir tentang merusak inti. Overclocker terkadang menghapus IHS pada Socket 478 chip untuk lebih langsung mentransfer panas. Namun, pada LGA775 chips IHS yang secara langsung melekat pada mati dengan epoxy, yang berarti bahwa IHS tidak dapat dihapus dengan mudah.

Willamette 

Pentium 4 Willamette untuk socket 423

J 'Willamette' inti prosesor Pentium 4 

   Willamette, proyek kode nama untuk pertama pelaksanaan arsitektur Pentium 4, panjang mengalami keterlambatan penyelesaian dari proses desain. Proyek ini dimulai pada 1998, ketika melihat Intel Pentium II sebagai permanen baris. Pada saat itu, yang Willamette inti diharapkan beroperasi pada frekuensi sekitar 1 GHz, maksimum. Namun, keterlambatan rilis Willamette melihat berlakunya Pentium III sebelum penyelesaiannya. Karena perbedaan radikal ini dimaksudkan arsitektur Intel tidak dapat pasar Willamette sebagai Pentium III, ia bernama Pentium 4. 

   Pada bulan November 2000, Intel released the Willamette berbasis Pentium 4 dengan kecepatan 1,4 dan 1,5 GHz. Industri ahli dianggap paling awal rilis sebagai produk sementara, diperkenalkan sebelum ia benar-benar siap. Menurut para ahli ini, maka Pentium 4 dirilis karena bersaing Thunderbird berbasis AMD Athlon yang telah outperforming aging Pentium III, dan perbaikan lebih lanjut ke P-III yang belum memungkinkan. Pentium 4 ini dibuat dengan menggunakan 0,18 mikrometer (180 nm) dan proses yang digunakan pada awalnya Socket 423, dengan revisi kemudian pindah ke Socket 478. Ini varian yang teridentifikasi oleh Intel produk kode 80528 dan 80531 masing-masing. 

    Pada uji bench, Willamette yang cukup mengecewakan analis ke dalam yang tidak hanya itu tidak bisa lebih baik dr yang tertinggi dan Athlon-clocked Pentium IIIs di semua situasi pengujian, itu tidak jelas bahkan unggul untuk anggaran segmen dari AMD Duron. [5 ] Meskipun diperkenalkan pada harga US $ 819 (dalam jumlah 1000 unit), yang dijual di sederhana namun cukup tinggi, agak cacat oleh kebutuhan relatif mahal Rambus Dynamic RAM (RDRAM). Dengan tetap Intel Pentium III dari atas penjualan chip, dengan Athlon juga menjual sedikit lebih baik dibandingkan dengan Pentium 4. 

    Pada Januari 2001, yang masih lebih lambat 1,3 GHz model telah ditambahkan ke dalam jangkauan, tetapi selama dua belas bulan, Intel secara bertahap mulai mengurangi AMD kepemimpinan dalam kinerja. April 2001 membawa 1,7 GHz P4, yang pertama untuk memberikan performa jelas unggul dari yang lama Pentium III. Juli melihat 1,6 dan 1,8 GHz model dan pada bulan Agustus 2001, Intel merilis 1,9 dan 2,0 GHz Pentium 4s. Dalam bulan yang sama, mereka yang dilepaskan 845 chipset yang didukung lebih murah pc133 SDRAM daripada RDRAM. [6] Walaupun begitu banyak SDRAM lambat dibandingkan RDRAM sangat terhambat dan bandwidth-lapar Pentium 4, kenyataan bahwa ia jauh lebih murah sehingga menyebabkan Pentium 4 dari penjualan tumbuh cukup. [6] baru chipset memungkinkan untuk menggantikan P4 Pentium III yang hampir semalam, menjadi top-selling prosesor di pasar. Willamette kode nama yang berasal dari Willamette Valley wilayah Oregon, di mana sejumlah besar Intel fasilitas manufaktur berada.

Northwood

J 'Northwood' inti prosesor Pentium 4 (P4A) 

   Pada bulan Oktober 2001, Athlon XP regained yang jelas untuk mengarahkan AMD, namun pada Januari 2002, Intel Pentium 4s diluncurkan dengan Northwood inti baru di 1.6, 1.8, 2.0 dan 2.2 GHz. [7] [8] Northwood (kode produk 80532) gabungan peningkatan ukuran cache sekunder dari 256 KB ke 512 KB (meningkatkan transistor count ke 55 juta, meningkat dari 42 juta) dengan transisi yang baru 130 nm (0,13 mikrometer) proses pembuatan. [8] Dengan membuat chip dari kecil Transistor, keripik dapat dijalankan pada jam atau lebih tinggi pada saat yang sama kecepatan produksi lebih sedikit panas. Dalam bulan yang sama, versi dari chipset 845 diluncurkan dengan dukungan DDR, memberikan dua kali lipat bandwidth dari pc133 versi ke Pentium 4. 

   J 2,4 GHz P4 dirilis pada April 2002, dan bus kecepatan meningkat dari 400 MT / s ke 533 MT / s untuk 2,26 GHz, 2,4 GHz, dan 2,53 GHz bagian di Mei, 2,66 GHz dan 2,8 GHz bagian pada Agustus, dan yang 3,06 GHz Pentium 4 tiba di bulan November. Dengan Northwood, Pentium 4 yang datang dari usia. Peperangan untuk kinerja kepemimpinan tetap kompetitif (seperti AMD memperkenalkan versi yang lebih cepat dari Athlon XP) tetapi kebanyakan pengamat sepakat bahwa tercepat Northwood P4 biasanya maju dari saingan. Hal ini terutama pada musim panas sehingga tahun 2002, ketika AMD changeover ke proses produksi 130 nm tidak membantu "Barton" dan "bahasa halus" Athlon XP CPU jam cukup tinggi untuk mengatasi keuntungan dari P4s dalam 2,4 ke 2,8 GHz jangkauan. [9] 

    Prosesor 3,06 GHz yang diperoleh Hyper-Threading teknologi yang pertama muncul di Xeon, memungkinkan beberapa topik yang akan dijalankan duplicating bersama oleh beberapa bagian dari prosesor untuk membiarkan sistem operasi percaya bahwa terdapat dua prosesor logikal. 

   Pada bulan April 2003, Intel meluncurkan baru 800 MT / s FSB varian, mulai dari 2,4 ke 3,0 GHz. [10] Hal ini dimaksudkan untuk membantu Pentium 4 lebih baik bersaing dengan AMD Opteron processors baris. Namun, bila Opteron diluncurkan, karena server berorientasi posisi produsen Motherboard awalnya tidak membangun dengan motherboard AGP pengendali. Karena AGP adalah perluasan pelabuhan utama grafis pada saat itu, fitur ini hilang dicegah dengan Opteron dari encroaching pada Pentium 4 dari segmen pasar. AMD telah meningkatkan Athlon XP dari bis dari kecepatan 333 MT / s ke 400 MT / s, tetapi itu tidak cukup untuk bertahan baru 3,0 GHz P4. [11] A 3,2 GHz Pentium 4 Northwood variant diluncurkan pada bulan Juni dan 3,4 GHz versi terakhir tiba pada awal 2004. 

    Overclocking langkah awal Northwood core menghasilkan sebuah fenomena menakjubkan. Bila inti tegangan (Vcore) telah meningkat sebelumnya 1,7 V, prosesor lambat akan menjadi lebih tidak stabil dari waktu ke waktu, sebelum mati dan menjadi totally unusable. Ini kemudian dikenal sebagai S udden N orthwood D eath S yndrome, yang disebabkan oleh electromigration. [12] 

Mobile Pentium 4 
   Mobile Intel Pentium 4 Processor [1] telah dirilis untuk menangani masalah meletakkan seluruh chip Pentium 4 desktop ke laptop, beberapa produsen yang telah lakukan. Mobile P4 masih digunakan 70 W kekuasaan, biarkan yang menjembatani kesenjangan antara penuh Pentium 4 (menggunakan sekitar 82 W), dan Mobile Pentium 4 M (menggunakan sekitar 35 W). 

Mobile Pentium 4 M 
   Juga didasarkan pada Northwood inti, Mobile Intel Pentium 4 Processor - M [2] telah dirilis pada April 23, 2002 dan dimasukkan Intel SpeedStep dan tidur lebih teknologi, dan Hyper-Threading di beberapa model. Intel konvensi penamaan sulit dilakukan pada saat prosesor dari rilis untuk mengidentifikasi prosesor model.There adalah Pentium III mobile chip (atau PIII-M), Mobile Pentium 4 M (atau P4-M), Mobile Pentium 4 (atau Mobile P4), dan kemudian hanya Pentium M sendiri yang berdasarkan pada Pentium III. TDP-nya adalah sekitar 35 Watts pada kebanyakan aplikasi. Menurunkan daya konsumsi ini disebabkan karena inti tegangan rendah, dan fitur-fitur lain yang disebutkan sebelumnya. 

Gallatin (Extreme Edition) 
    Pada bulan September 2003, pada Intel Developer Forum, yang Pentium 4 Extreme Edition (P4EE) telah diumumkan, hanya lebih dari satu minggu sebelum peluncuran Athlon 64, dan Athlon 64 FX (AMD64 FX). Rancangan itu kebanyakan identik dengan Pentium 4 (ke mana yang akan dijalankan di sama motherboard), tetapi berbeda dengan sebuah ditambahkan 2 MB Level 3 cache. Ia bersama sama inti sebagai Gallatin Xeon MP, namun dalam faktor bentuk Socket 478 (dibandingkan dengan Socket 603 untuk Xeon MP) dan dengan 800 MT / s bus, dua kali secepat yang dari Xeon MP. An LGA775 versi juga tersedia. 

    Sementara Intel dipelihara bahwa Extreme Edition yang ditujukan untuk gamer, yang dilihat sebagai upaya untuk mencuri di Athlon 64 memulai dari petir, nicknaming the "Emergency Edition". Dengan harga tag ~ $ 1000, ia juga disebut sebagai "Expensive Edition" atau "Extremely Expensive". Banyak [who?] Dikutuk Intel Xeon untuk cannibalizing yang sesuai, namun tidak ada keluhan seperti itu bertujuan untuk AMD Athlon 64 FX-51, yang hanya repackaged Opteron 148. 

    Efek yang ditambahkan cache cukup variabel. Aplikasi di kantor, yang Extreme Edition pada umumnya agak lambat daripada Northwood, berkat latency tinggi ditambahkan dengan L3 cache. Beberapa manfaat dari permainan ditambahkan cache, terutama yang didasarkan pada Quake III dan Unreal mesin. Namun, daerah yang telah ditingkatkan yang paling multimedia encoding, yang tidak hanya lebih cepat dari Pentium 4, tetapi juga lebih cepat dari kedua Athlon 64s. 

    J sedikit dicapai adalah meningkatkan kinerja pada akhir 2004 dengan meningkatkan kecepatan bus dari 800 MT / s ke 1066 MT / s. Hanya satu Gallatin berbasis di chip 3,46 GHz dirilis sebelum Extreme Edition yang bermigrasi ke Prescott inti. Baru 3,73 GHz Extreme Edition memiliki fitur yang sama sebagai 6x0-urutan Prescott 2M, tetapi dengan 1066 MT / s bus. Namun dalam prakteknya, yang 3,73 GHz Extreme Edition hampir selalu menjadi lebih lambat dibandingkan dengan versi 3,46 GHz. The 'Pentium 4 Extreme Edition' tidak harus bingung dengan nama-sama nanti model, the Pentium Extreme Edition ', yang didasarkan pada dual-core Pentium D. 

Prescott 

Atas melihat dari Pentium 4 Prescott 640

Bawah melihat dari Pentium 4 Prescott 640


   Pada tanggal 1 Februari, 2004, Intel baru diperkenalkan inti CODEC "Prescott". Inti menggunakan 90 nm proses untuk pertama kalinya, dan "[it] juga besar reworking dari Pentium 4 dari mikroarsitektur-yang cukup besar beberapa analis yang terkejut Intel tidak memilih untuk menyebutnya dengan prosesor Pentium 5". [ 13] Meskipun ini menyusul, perbedaan kinerja yang belum pasti. Beberapa program manfaat dari dua kali lipat dari Prescott cache dan instruksi SSE3, sedangkan yang lain lebih incut dengan panjang, tidak efisien pipa. Prescott arsitektur yang diizinkan untuk di atur saat jam-sedikit harga lebih tinggi, namun tidak hampir sebagai tinggi seperti yang diharapkan Intel. (Lihat Overclocking.) Tercepat yang diproduksi secara besar-prosesor berbasis Prescott adalah clocked at 3.8GHz.

   Setelah rilis, banyak salah pemeriksa menyimpulkan bahwa Prescott dihasilkan sekitar 40% lebih panas-jam-jam untuk daripada Northwood, dan hampir semua review yang negatif, ia mendapatkan penghasilan dengan nama julukan Hot Pres. Kenyataannya, inti dari sensor suhu Prescott memberikan pembacaan tinggi daripada Northwood inti sensor suhu, yang berarti bahwa kenaikan dalam panas yang dihasilkan untuk CPU bekerja dilakukan diyakini menjadi sekitar 10% jangkauan. Overclocker keliru percaya bahwa Northwood adalah pilihan yang lebih baik untuk overclocking, sedangkan dalam kenyataan yang akan lebih baik dr yang Prescott Northwood dan menghasilkan lebih sedikit panas dalam kondisi overclocked. Saham pada kecepatan (atau kurang ambisius overclocks) Namun, pada umumnya masih Prescott hotter dan lebih lambat daripada Northwood. Newegg.com seperti pengecer yang menjual di Northwoods sedikit lebih tinggi daripada harga yang sama-clocked Prescott negeri karena telah Northwoods tingkat permintaan. J pergeseran jenis socket (dari Socket 478 ke LGA775) telah diharapkan mengurangi panas ke tingkat lebih dapat diterima, tetapi dalam kenyataan membuktikan memiliki efek sebaliknya, dengan persyaratan meningkatkan daya oleh lebih 10%. Namun, LGA775 referensi dingin dan mounting sistem yang sedikit lebih baik desain, sehingga rata-rata suhu yang agak rendah. Setelah revisi prosesor Intel oleh teknisi tersebut diharapkan untuk mengurangi rata-rata suhu, tetapi hal ini tidak pernah terjadi di luar kecepatan nilai terendah. Prescott Pentium 4s diberi kode produk 80546 (Socket 478) dan 80.547 (LGA775).

   Akhirnya, masalah thermal sangat parah, Intel memutuskan untuk meninggalkan Prescott arsitektur yang sama sekali, dan berusaha untuk roll out 4 GHz bagian yang ditinggalkan, sebagai sampah dari sumber daya internal. Intel menyadari bahwa ia akan bijaksana menuju ke kepala yang "lebar" CPU arsitektur dengan kecepatan clock yang lebih rendah untuk menjaga tingkat bawah panas dan tetap meningkatkan throughput dari CPU. Juga dari perhatian adalah fakta bahwa review menunjukkan bahwa dalam permainan, ia mengambil 5,2 GHz Prescott inti untuk memukul habis-habisan performa 64-bit Athlon FX-55 yang clocked di 2,6 GHz. [3] Menimbang boasted di Intel meluncurkan Pentium 4 arsitektur dimaksudkan untuk mendukung hingga 10 GHz operasi dengan penurunan lebih dari inti ukuran, ini dapat dilihat sebagai salah satu yang paling signifikan, tentu paling umum, teknik kekurangan Intel sejarah. Overclocker tidak melanggar 8 GHz penghalang hingga akhir Pentium 4 baris pada 3,0-3,6 GHz CPU, yang kemudian oleh memiliki basis pengguna dwindling antusias. [14] Hal ini juga berarti bahwa meskipun Northwood akhirnya tercapai clockspeeds 70% lebih tinggi dibandingkan Willamette itu, hanya dikelola Prescott yang meningkat lebih dari 12% Northwood.

    The Pentium M bukan menjadi acuan internal layout untuk desain tim Intel, P4 dan pembangunan pada dasarnya adalah ditinggalkan. Untuk ini banyak, yang sedikit-didanai Israel desain tim yang menghasilkan Pentium M inti mengambil alih desktop jauh lebih besar proyek pembangunan. [15]

    Awalnya, dua baris Prescott yang dilepaskan: E-seri, dengan 800 MT / s FSB dan Hyper-Threading dukungan dan rendah akhir-A-seri, dengan 533 MT / s FSB dan Hyper-Threading dinonaktifkan. Pada awalnya ada masalah besar dengan orang-orang yang terinstall Windows XP Service Pack 2 pada sistem dengan prosesor ini sebagai ketidakcocokan dengan BIOS, prosesor dan coding SP2 menyebabkan sistem tidak bisa boot. Microsoft dan Intel bekerja pada solusi; pengguna dengan masalah ini dapat mengetahui bagaimana cara menginstal SP2 pada mesin Prescott.

    LGA775 Prescotts menggunakan sistem penilaian, label mereka sebagai seri 5xx (Celeron Ds adalah seri 3xx, sementara Pentium Ms adalah seri 7xx). LGA775 yang versi E-series menggunakan nomor model 5x0 (520-560), dan versi LGA775 A-nomor seri menggunakan model 5x5 dan 5x9 (505-519). Yang tercepat, yang 570J dan 571, adalah clocked di 3,8 GHz. Rencana 4 GHz prosesor yang axed oleh Intel dalam kebaikan dual core, meskipun beberapa klaim Eropa pengecer yang akan menjual Pentium 4 580, clocked di 4 GHz.

    The 5x0J seri (dan akhir-nya rendah yang setara, yang 5x5J dan 5x9J seri) memperkenalkan XD Bit (jalankan Nonaktifkan) atau cacat Jalankan Bit [4] untuk Intel prosesor baris. Teknologi ini, yang pertama kali diperkenalkan ke x86 baris oleh AMD dan disebut NX (No execute), dapat membantu mencegah beberapa jenis kode berbahaya dari memanfaatkan suatu buffer overflow untuk dijalankan.

    Intel juga merilis serangkaian Prescotts mendukung Intel 64, Intel implementasi x86-64 64-bit extension untuk arsitektur x86. Ini pada awalnya diluncurkan sebagai F-seri, dan hanya dijual ke OEMs, namun mereka kemudian diganti dengan seri 5x1 dan dijual kepada masyarakat umum. Dua low-end-Intel64 diaktifkan Prescotts, berdasarkan 5x5/5x9 seri, juga diluncurkan dengan model nomor 506 dan 516.

    5x0, 5x0J, dan 5x1 seri Prescotts telah dimasukkan Hyper-Threading untuk mempercepat proses yang menggunakan beberapa perangkat lunak untuk multithreaded, seperti video editing. 5x1 seri yang juga mendukung 64 bit.

    The "Prescott" Pentium 4 yang ~ 125 juta Transistor mati dan memiliki luas wilayah 112 mm 2. [16] Ia yg siap untuk dimakan dalam proses 90 nm dengan tujuh tingkat tembaga interkoneksi. [16] Proses ini memiliki fitur seperti strained silicon Transistor dan K-rendah karbon-doped silicon oxide (CDO) dielectric, yang juga dikenal sebagai organosilicate kaca (OSG). [16] yang pertama kali Prescott yg siap untuk dimakan di D1C pembangunan fab dan kemudian dipindahkan ke F11X produksi fab. [16 ]

Prescott 2M (Extreme Edition)
    Intel, pada kuartal pertama tahun 2005, yang baru dirilis dengan inti Prescott 6x0 penomoran, CODEC "Prescott 2M". Prescott 2M terkadang juga dikenal dengan nama-nya Xeon turunan, "Irwindale". It fitur Intel 64, di XD Bit, eist (Enhanced Intel SpeedStep Technology), Tm2 (untuk prosesor di atas 3.6GHz), dan 2 MB of L2 cache. Namun, ada keuntungan yang diperkenalkan oleh ditambahkan Cache adalah karena kebanyakan negated cache latency lebih tinggi, dan dua kata ukuran jika menggunakan Intel 64 modus. Alih-alih menjadi target meningkatkan kecepatan dua kali ukuran cache ini dimaksudkan untuk memberikan ruang yang sama dengan itu dan performa 64-bit untuk modus operasi. 6xx seri Prescott telah dimasukkan 2Ms Hyper-Threading untuk mempercepat proses yang menggunakan beberapa perangkat lunak untuk multithreaded, seperti video editing.

    Pada tanggal 14 November 2005, Intel merilis prosesor Prescott 2M dengan VT (Virtualization Technology, CODEC "Vanderpool") yang aktif. Intel hanya merilis dua model ini Prescott 2M kategori: 662 dan 672, berjalan pada 3,6 dan 3,8 GHz, masing-masing.

Cedar Mill
    Akhir revisi dari Pentium 4 Cedar Mill ini, dirilis pada awal 2006. Ini adalah semata-mata langsung bersembunyi dari 600-series inti ke 65 nm, dengan tidak punya fitur tambahan. Cedar Mill telah output panas yang lebih rendah daripada Prescott, dengan TDP dari 86 W. Inti dari langkah yang D0 pada akhir 2006 ini untuk mengurangi 65 watt. Ia memiliki 65 nm inti dan dilengkapi dengan 31-tahap pipa (seperti Prescott), 800 MT / s FSB, Intel 64, Hyper-Threading dan Virtualization Technology. Seperti Prescott 2M, Cedar Mill juga memiliki 2 MB L2 cache. Ia dirilis sebagai Pentium 6x1 dan 6x3 (kode produk 80552) dari pada frekuensi 3,0 GHz hingga 3,6 GHz. Overclocker berhasil melampaui 8 GHz dengan prosesor ini. [14] None of the 6x1 rentang (631, 641, 651, dan 661) telah Virtualization Teknologi dukungan. Pada Maret 2007 belum memungkinkan untuk mendapatkan 6x3 maupun Intel memiliki catatan setiap lini produk ini di situs mereka.

    Untuk membedakan dari Cedar Mill CPU Prescott CPU dengan fitur yang sama, Intel ditambah dengan 1 nomor model. Dengan demikian, Pentium 4 631, 641, 651 dan 661 adalah 65 nm microprocessors, sedangkan Pentium 630, 640, 650 dan 660 masing-masing adalah 90 nm mereka setara.

Gnerasi Pengganti
    Asli penerus ke Pentium 4 adalah Tejas, yang dijadwalkan untuk awal-pertengahan 2005 lepaskan. Namun, dibatalkan beberapa bulan setelah rilis Prescott karena konsumsi daya sangat tinggi (2,8 GHz Tejas yang dikonsumsi 150 W kekuasaan, dibandingkan dengan sekitar 80 W untuk Northwood kecepatan yang sama, dan 100 W untuk comparably clocked Prescott) dan pengembangan pada arsitektur NetBurst berhenti secara keseluruhan, dengan pengecualian pada dual-core Pentium D / Extreme Edition dan Cedar Mill.

    Sejak Mei 2005, telah dirilis Intel dual-core berdasarkan Pentium 4 dengan nama Pentium D dan Pentium Extreme Edition. Mereka mewakili Intel beralih ke arah parallelism dan niat mereka adalah untuk akhirnya membuat sebagian besar mereka baris utama prosesor dual-core. Ini datang dengan nama kode Smithfield dan Presler untuk 90 nm dan 65 nm bagian masing-masing.

    Pada tahun 2006, Intel mempunyai rencana untuk bekerja lebih lanjut pada Pentium 4 Cedar Mill arsitektur untuk mengembangkan 9 GHz Pentium 4. [17] Ini adalah rencana akhirnya scrapped demi pengembangan mikroarsitektur Intel Core.

    The ultimate successors ke Pentium 4 adalah Intel Core 2 dengan prosesor "Conroe" inti berdasarkan mikroarsitektur Intel Core, dirilis pada 27 Juli, 2006. Prosesor Intel Core 2 telah dirilis sebagai single, dual dan quad core. Tunggal inti negeri yang hadir dalam Intel Core baris, terutama untuk pasar OEM.

 

 







 



















1 komentar:

  1. Thank Info x ya gan. .
    Sangat Membantu Saya. .

    http://nengkirahmat.cuccfree.org

    BalasHapus